Beasiswa Atma Jaya


Bapak Fransiscus Xaverius Seda, atau biasa dikenal dengan nama Bapak Frans Seda adalah salah satu founding father Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Jakarta. Beliau pernah berpesan “Orang boleh tidak kuliah di Atma Jaya karena tidak mampu secara intelektual, tapi orang tidak boleh tidak kuliah di Atma Jaya karena tidak mampu secara finansial!”. Pesan tersebut menjadi dasar berdirinya Panitia Beasiswa di UNIKA Atma Jaya.

Para perintis dan pendiri menyadari peran signifikan pendidikan tinggi untuk menjadi kendaraan generasi penerus dalam menyejahterakan hidupnya dan lebih dari itu juga memberikan sumbangsihnya bagi nusa dan bangsa. Komitmen tersebut yang menjadikan pemikiran bagaimana pendidikan tinggi yang berkualitas tersebut dapat dihadirkan bagi sebanyak mungkin generasi muda Indonesia. Untuk itulah sejak tahun 1972, saat pembangunan Kampus Semanggi belum selesai, melibatkan para istri perintis dan pendiri Atma Jaya –baik dalam penggalangan dana, proses seleksi hingga penyaluran dana, telah diberikan beasiswa bagi mahasiswa dan mahasiswi Atma Jaya. Dan tahun 1975, Yayasan Atma Jaya membentuk Panitia Beasiswa, sebagai bentuk komitmen konkrit dan serius dalam mewujudkan pemikiran para pendiri tersebut. Tahun 2015 lalu, Panitia Beasiswa dilebur menjadi Kantor Beasiswa, sehingga selama 45 tahun UAJ telah memberikan kesempatan bagi ribuan mahasiswa mengenyam pendidikan tinggi dan meraih cita-cita mereka.

Kantor Beasiswa UNIKA Atma Jaya kini melayani mahasiswa maupun calon mahasiswa UNIKA Atma Jaya yang memiliki kemampuan secara intelektual tetapi kurang mampu secara finansial untuk tetap dapat melanjutkan pendidikan di tingkat perguruan tinggi ini. Sekitar 14 milyar rupiah dana beasiswa telah disalurkan kepada penerima beasiswa. Sehingga, kini tiada alasan lagi bagi siapa pun untuk tidak melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Karena siapa pun memiliki kesempatan untuk meraih beasiswa di UNIKA Atma Jaya.

Jenis beasiswa yang diberikan Unika Atma Jaya antara lain:

  1. Beasiswa ASAK
  2. Beasiswa BIDIKMISI
  3. Beasiswa JABODETABEK
  4. Beasiswa REGULER
  5. Beasiswa LOTTE
  6. Beasiswa PEMBANGUNAN JAYA
  7. Beasiswa PPA (Peningkatan Prestasi Akademik)
  8. Beasiswa PERTIWI
  9. Beasiswa Perusahaan
  10. Beasiswa SMART
  11. Beasiswa Tempat Kost

Segala informasi mengenai Kantor Beasiswa beserta daftar beasiswa yang tersedia berikut syarat dan ketentuannya dapat dilihat di beasiswa.atmajaya.ac.id.